Posted by : Anta Reza Kamis, 13 Juni 2013


Fleur de lys adalah nama Prancis untuk bunga lili. Pada masa kerajaan Eropa, lambang ini digunakan oleh banyak kerajaan, antara lain Prancis pada masa pemerintahan Charlemagne. Lambang itu juga yang digunakan oleh para Ksatria Templar
Lambang yang sama juga digunakan oleh WOSM (World Organization of Scout Movement), organisasi gerakan kepanduan sedunia. Lambang ini digunakan juga pada kompas mawar sebagai penanda arah utara.
Makna inilah yang digunakan oleh WOSM yaitu bahwa seorang pandu adalah penunjuk arah ke jalan kebaikan. Tiga helai daunnya adalah melambangkan 3 kewajiban seorang pandu, kewajiban terhadap Tuhan dan negaranya, terhadap sesama hidup, dan terhadap janji pandunya. dan Lingkaran tali bersimpul mati melambangkan ikatan persaudaraan internasional yang erat. Ya, semua pandu bersaudara
Secara umum diuraikan sbb:
  1. Kompas: melambangkan suatu peringatan bagi Pandu/ Pramuka agar selalu berbuat kebenaran dan dapat dipercaya seperti fungsi kompas, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.
  2. Treefoil/Bunga dengan Tiga Ujung: melambangkan tiga janji Pandu/Scout Promise
  3. Dua Bintang: melambangkan anggota Pandu/Pramuka berupaya untuk dapat memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
  4. Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati: melambangkan bahwa sesama Pandu/ Pramuka mengadakan hubungan persahabatan dan persaudaraan antar Pramuka di seluruh dunia.
  5. Warna:  Putih melambangkan jiwa yang berhati suci, sedangkan warna dasar ungu melambangkan bahwa Pandu/Pramuka memiliki ketrampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.
- See more at: http://pramukainhil.blogspot.com/2012/10/arti-lambang-wosm-worl-organizatios-of.html#sthash.MZn0aN8V.dpuf

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Laman

News

Loading...

Populer

- Copyright © 2013 Eza BLog'Z -Dark Amaterasu Template -